FACEBOOK
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial online.
Secara umum, layanan jejaring sosial ditujukan untuk sebagai sebuah wadah
(Platform) untuk membangun jaringan sosial atau hubungan sosial antara orang –
orang dengan suatu kegiatan tertentu. Misalnya seperti pemenuhan kebutuhan
bisnis, partner kerja, atau bahkan hanya sekedar penghubung teman di dunia
maya. Di dalam suatu layanan jejaring sosial, biasanya pengguna diharuskan
membuat suatu profil agar orang – orang mengenal identitas pemilik akun
tersebut. Dengan profil ini, orang – orang dapat berinteraksi dan bertukar
informasi, baik itu berbentuk pesan, suara, bahkan gambar.
Facebook
pertama kali didirikan pada 4 Februrari 2004 oleh Mark Zuckerberg bersama teman
sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard Eduardo Saverin, Andrew
McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Pada awalnya, keanggotaan facebook
dibatasi hanya untuk pelajar dari Universitas Harvard. Lalu berkembang ke
perguruan tinggi lainnya di sekitar Boston, dan secara bertahap ke seluruh
perguruan tinggi di Kanada dan Amerika Serikat. Dan pada tahun 2006,
keanggotaan facebook diperbolehkan untuk umum dengan syarat berumur 13 tahun
keatas dan memiliki alamat email aktif untuk konfirmasi.
Sebenarnya,
sebelum membuat facebook, banyak sekali tahapan yang dilakukan oleh Mark
Zuckerberg selaku founder facebook. Pada oktober 2003, Mark bersama 3 orang
temannya, Andrew McCollum, Chris Hughes dan Dustin Moskovitz membuat sebuah
website yang dinamakan Facemash. Facemash ini berisikan tentang membandingkan
foto – foto antar mahasiswi harvard dan
user memilih mana yang lebih baik. Intinya Mark membuat suatu algoritma dimana
Facemash ini mengambil foto – foto yang dikompilasi dan disimpan pada sistem
online Harvard, dan menampilkannya sebanyak 2 secara bersamaan, dan memberikan
pilihan kepada user untuk memilih mana mahasiswi yang lebih cantik. Jadi
sebenarnya yang dilakukan Mark saat itu mengambil tanpa ijin foto – foto
identitas mahasiswi pada server milik Harvard Tanpa ijin. Karena itu, setelah
beberapa hari, website Facemash akhirnya ditutup dan Mark menghadapi tuduhan
melanggar hak cipta, pelanggaran keamanan, dan melanggar privasi individu.
Bahkan Mark sempat mendapat ancaman akan dikeluarkan. Namun, semua tuduhan itu
akhirnya diabaikan.
Setelah
facemash berlalu, pada Januari 2004, Mark mulai menulis kode untuk website
baru. Website ini diberi nama theFacebook. Mark mengakui pembuatan theFacebook
terinspirasi dari Facemash. Sebenarnya
pembuatan theFacebook sendiri merupakan buah dari ketidaksabaran dalam menunggu
hasil dari proyek dalam kampus yang mirip dengan konsep yang dipikirkannya
tetapi tidak kunjung selesai, dia mengatakan, “Saya pikir itu konyol bahwa
Universitas membutuhkan beberapa tahun untuk membuat itu, karena saya bisa
melakukannya lebih baik daripada yang mereka bisa, dan saya bisa melakukannya
dalam seminggu.” Facebook menghapus 'The' dari namanya setelah membeli nama
domain facebook.com pada tahun 2005 sebesar $ 200.000.
Konsep facebook adalah seperti yang tertera pada tagline
nya “facebook helps you connect and share with the people in your life” yaitu
untuk terhubung dan berbagi pengalaman dengan orang – orang di kehidupan anda. Pengguna
facebook harus mendaftar sebelum menggunakan situs ini, setelah itu mereka
dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, bertukar
pesan, dan menerima notifikasi ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu,
pengguna dapat bergabung dengan grup – grup atau komunitas tertentu yang
memiliki tujuan, yang dibuat oleh tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi,
atau karakteristik lain, dan mengkategorikan teman-teman mereka ke dalam daftar
seperti "Orang Dari Kerja" atau "Teman Dekat".
Facebook ditulis dalam bahasa C++ dan PHP. Facebook ditulis
di PHP yang dikompilasi dengan HipHop untuk PHP, sebuah “Perubah kode” yang
dibangun oleh para ahli Facebook yang mengubah PHP menjadi C++.Sedangkan Fitur
– fitur dalam facebook adalah sebagai berikut :
Ø User
Profile / Personal Timeline
Setiap individu dalam facebook memiliki
halaman user sendiri, dan bisa diisikan dengan foto dan gambar, daftar
kepentingan pribadi, informasi kontak, peristiwa kehidupan, dan informasi
pribadi lainnya, seperti status pekerjaan, tempat belajar, dan informasi –
informasi lainnya.
Pengguna dapat berkomunikasi dengan
teman dan pengguna lain melalui pesan pribadi atau umum, serta fitur chat, dan
berbagi konten yang mencakup URL situs web, gambar, dan konten video
Pada tahun 2007, Facebook meluncurkan
Facebook Pages (juga disebut "Fan Pages" oleh pengguna) untuk
memungkinkan "pengguna untuk berinteraksi dan afiliasi dengan bisnis dan
organisasi dengan cara yang sama mereka berinteraksi dengan profil pengguna
Facebook lainnya".
Ø News
Feed
Pada september 2006,
facebook meluncurkan News Feed. News Feed ini muncul disetiap halaman awal user
dan menampilakn informasi termasuk perubahan profil, acara mendatang, dan ulang
tahun dari teman-teman pengguna.
Hal ini memungkinkan
spammer dan pengguna lain untuk memanipulasi fitur tersebut dengan menciptakan
peristiwa bohong atau posting ulang tahun palsu untuk menarik perhatian ke
profil mereka. Oleh karena itu sekarang ini pengguna / user dapat
mengkustomisasi tampilan newsfeed mereka dan dapat menyaring informasi yang
ingin ditampilkan.
Pada Februari 2010,
facebook mempatenkan fitur newsfeed mereka agar tidak diikuti oleh social media
lainnya. Dan satu lagi yang populer dalam facebook adalah album fotonya. Dalam
facebook, user dapat mengupload foto tanpa batas, hal ini jika dibandingkan
dengan website image hosting lainnya, tentu saja facebook menang telak,
ditambah lagi terdapat fitur album, privacy, bahkan men – tag – kan foto
bersama teman. Pada juni 2012, facebook meluncurkan app center pada news
feednya yang berisi tentang game dan aplikasi lainnya yang terdapat dalam
facebook.
Ø Following
Pada September 2011,
facebook menambahkan fitur follow, yang sebelumnya bernama subscribe. Fitur ini
memungkinkan user untuk mengikuti perubahan yang dilakukan oleh pengguna lain
tanpa perlu menambahnya jadi teman.
Ø Privacy
Facebook memungkinkan
pengguna untuk memilih pengaturan privasi mereka sendiri dan memilih siapa yang
dapat melihat bagian-bagian tertentu dari profil mereka. Facebook bersifat
gratis untuk pengguna, dan mendapatkan penghasilan dari iklan, seperti iklan
banner. Facebook membutuhkan nama pengguna dan foto profil (jika ada) agar
dapat diakses oleh semua orang. Pengguna dapat mengontrol siapa yang bisa
melihat informasi lain yang mereka telah berbagi, serta siapa yang dapat
menemukan mereka dalam pencarian, melalui pengaturan privasi mereka.
Ø Tombol
Like
Tombol like adalah
fitur jejaring sosial, yang memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan
apresiasi mereka terhadap konten seperti update status, komentar, foto, dan
iklan. Ini juga merupakan plug-in sosial Platform Facebook.
Dampak penggunaan
facebook bagi pengguna sangat beragam. Tergantung bagaimana dari pihak pengguna
menghadapi interaksi sosial di dunia maya. Sebagai contoh remaja yang baru
duduk di bangku SMP yang terlalu mengekspresikan dirinya secara berlebihan di
facebook, dan mendapat perlakuan cyberbullying dari pengguna lain di facebook.
Tentu saja contoh tersebut merupakan dampak negatif dari penggunaan facebook.
Sedangkan dampak positif yang dialami si anak SMP ini adalah mudahnya
berkomunikasi dengan teman. Sebenarnya hal negatif dari social network seperti
Facebook ini dapat diminimalisir sesuai bagaimana perilaku user / pengguna
terhadap pengguna lainnya, karena sebenarnya facebook dibuat untuk mempermudah
komunikasi antar pengguna dan teman, bukan untuk memberikan efek negatif bagi
penggunanya.
Saya sendiri sebagai
mahasiswa merasa media sosial facebook sangat berguna dikala masa – masa
sekarang ini. Karena di jaman sekarang ini, setiap orang pasti dihadapkan
dengan internet dan komputer. Apalagi di facebook sendiri disediakan fitur
“Group” yang memungkinkan saya melihat informasi – informasi yang sangat
berguna. Sebagai contoh grup kelas yang anggota – anggotanya merupakan teman
kelas saya dan saling memberikan informasi jika ada tugas, atau bahkan
membagikan bahan pembelajaran dalam grup itu. Jadi sebenarnya efek positif
ataupun negatif itu semua tergantung kepada pengguna bagaimana menyikapinya.
No comments:
Post a Comment