Thursday, June 5, 2014

Apa itu Game Engine ?



Pada bahasan sebelumnya, saya telah membahas tentang salah satu game engine ternama, yaitu CryEngine, namun sebenarnya apakah Game Engine itu? Bagaimana peranannya dalam Game yang kita mainkan, baik itu di console maupun di komputer kita. Sekarang saya akan membahas masalah tersebut.
            Game Engine merupakan suatu “kerangka” dalam suatu lingkup permainan, yang dirancang untuk penciptaan dan pengembangan dalam suatu video game. Video game disini bisa dalam cakupan Konsol, komputer, atau bahkan dalam mobile device. Engine disini menyediakan fasilitas render untuk komponen grafik 2D atau 3D, suara, script, animasi, kecerdasan buatan (AI), jaringan, streaming, memori manajemen, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Biasanya, developer game menggunakan engine game yang sama untuk  game – game lainnya, atau membuatnya lebih mudah lagi dengan melakukan “porting” terhadap game.


            Layaknya bahasa pemrograman, beberapa game engine juga memiliki IDE, yaitu lingkup pengembangan terintegrasi agar memudahkan para developer dalam menggunakan game engine. Sebagian besar game engine menyediakan fasilitas yang memudahkan pengembangan, seperti grafik, suara, fisika dan fungsi AI. Mesin permainan ini kadang-kadang disebut "middleware" karena, sesuai dengan istilahnya, mereka menyediakan sebuah platform perangkat lunak yang fleksibel dan dapat digunakan kembali yang menyediakan semua fungsionalitas inti yang diperlukan, langsung dari kotak, untuk mengembangkan aplikasi permainan sambil mengurangi biaya , kompleksitas, dan waktu-ke-pasar -. semua faktor penting dalam industri video game sangat kompetitif.

Berikut Contoh IDE dari Unity Engine 






Biasanya, Game engine dibuat diatas API ( Application Programming Interface ) Seperti Direct3D ataupun OpenGL yang menyediakan abstraksi perangkat lunak dari graphics processing unit (GPU) atau kartu video.
            Seiring berkembang dan mudahnya penggunaan Game Engine, Lingkup nya juga diperluas. Tidak hanya dalam sebatas urusan hiburan, kini video game dapat juga digunakan dalam hal yang lebih serius, Misalnya :  Visualisasi, pelatihan, medis, dan aplikasi simulasi militer. Untuk memfasilitasi aksesibilitas ini, platform perangkat keras baru kini sedang ditargetkan oleh mesin permainan, termasuk ponsel (telepon misalnya Android, iPhone) dan web browser (misalnya WebGL, Shockwave, Flash, WebVision Trinity, Silverlight, Unity Web Player, O3D dan DHTML murni).




 


 

No comments:

Post a Comment