Thursday, January 7, 2016

STRATEGI PERUSAHAAN YANG TERBAIK

SUMMARY PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
STRATEGI PERUSAHAAN YANG TERBAIK SECARA UMUM


PENDAHULUAN

Sebuah perusahaan perlu menyusun strategi, baik itu strategi jangka pendek maupun berkelanjutan. Strategi dapat menjadi nilai pembeda antara perusahaan yang memimpin di pasar dengan perusahaan pesaingnya, Strategi yang baik akan membawa perusahaan menjadi terdepan diantara pesaingnya.

Dalam praktek penyusuan strategi pada sebuah perusahaan tidaklah mudah, banyak sekali contoh perusahaan yang memiliki produk bagus tetapi menggunakan strategi pemasaran yang salah, sehingga produknya menjadi tidak laku dan dilupakan. Hal inilah yang menyebabkan sebuah strategi menjadi salah satu hal yang vital dalam sebuah perkembangan perusahaan, bahkan tidak jarang perusahaan meminta bantuan konsultan top dengan biaya yang tidak main-main untuk menyusun strategi yang tepat.



STRATEGI DALAM PERUSAHAAN

Seorang pakar manajemen strategi, Richard Rumlet, memperkenalkan 4 kriteria untuk mengevaluasi baik-buruknya strategi sebuah perusahaan, yaitu :

1. Consonance
            Kemampuan strategi dalam memanfaatkan peluang bisnis dan mengatasi ancaman yang muncul di masa yang akan datang. Sebagai contoh strategi pengembangan produk baru di sektor otomotif Astra dengan memproduksi beragam jenis kendaraan keluarga, merupakan strategi yang tepat untuk meraih peluang peningkatan jumlah kelas menengah di Indonesia yang membutuhkan kendaraan keluarga yang murah dan andal.

2. Adantage
Kemampuan strategi dalam  memanfaatkan keunggulan dan meminimalisasi kelemahan perusahaan. Sebagai contoh strategi BRI yang tetap fokus melayani sektor UKM sangat sesuai dengan keunggulan dan pengalaman BRI dalam kredit mikro.

3. Feasibility
            Sejauh mana implementasi strategi didukung oleh sumberdaya (finansial, SDM, organisasi, sistem, budaya) dan kemampuan perusahaan untuk berubah. Sebagai contoh Indosat berhasil bertransformasi dari international carrier manjadi full network service provider karena didukung oleh sumberdaya dan manajemen perubahan yang baik.

4. Consistency
            Sejauh mana strategi bisnis dijabarkan ke dalam program implementasi dengan baik.  Program implementasi meliputi penurunan sasaran tingkat perusahaan ke dalam sasaran tingkat divisi, departemen fungsional, unit kerja, sampai individu.


PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Keempat poin tersebut dapat menjadi titik tumpu dalam penyusunan strategi yang tepat, karena jika strategi meleset sedikit saja, maka efek kepada perusahaan akan fatal sekali. Kriteria tersebut membantu mengevaluasi penyusunan strategi yang dilakukan baik oleh perusahaan itu sendiri maupun dari pihak luar sebelum strategi tersebut dilakukan.

Perlu diperhatikan juga ketika menjalankan strategi bahwa implementasi juga sangat penting. Implementasi strategi dalam perusahaan harus memperhatikan visi dan misi juga batasan kebijakan yang berlaku di dalam perusahaan. Untuk itu seorang manajer berperan penting dalam proses implementasi strategi ini.

Seorang manajer dalam perusahaan harus mampu menyesuaikan implementasi strategi dengan keadaan dalam perusahaan. Penyesuaian dapat berupa perubahan struktur sistem, penyusunan SDM, kompetensi organisasi, bahkan aturan budaya perusahaan. Untuk itu sebuah strategi yang baik akan bekerja maksimal jika dibarengi dengan manajemen perusahaan yang baik.

STRATEGI JANGKA PANJANG
Jika kedepannya sebuah strategi yang telah diimplementasikan membawa perusahaan tersebut lebih maju lagi, maka dibutuhkan perencanaan strategi jangka panjang untuk mengekspansi perusahaan, bisa dengan cara memperbesar perusahaan yang sudah ada, atau membuka kantor cabang.

Pemiliah strategi jangka panjang ini pun harus melewati tahapan yang panjang, karena keputusan akan berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan. Dalam penyusunan strategi jangka panjang ini harus menimbang banyak aspek, misalnya produk yang ditawarkan, jumlah konsumen, ataupun banyaknya permintaan pada suatu daerah.

Sebagai contoh jika sebuah perusahaan X merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman dengan permintaan menyebar di suatu negara. Maka harus dipertimbakan strategi yang tepat agar profit perusahaan semakin baik. Untuk itu kemungkinan besar perusahaan X akan membuka cabang di lokasi yang persentase permintaannya tinggi. Tidak berhenti disitu, perusahaan X pun harus memilih manajemen kontrol sistem yang diterapkan yaitu desentralisasi ataupun sentralisasi. Banyak sekali aspek-aspek yang harus ditimbang dalam membuat sebuah strategi yang tepat. Kembali lagi ke tujuan strategi perusahaan yaitu untuk membangun keunggulan di bidangnya dan mengalahkan pesaing lainnya.


Sumber :


No comments:

Post a Comment