Teori Pembuatan
Brosur diatas dibuat
menggunakan Adobe Photoshop CS6 dengan ketentuan teori design sebagai berikut :
·
Brosur ini
memiliki posisi Potrait dengan komposisi page layout Asymmetrical
HEADER
·
Pada bagian
header, digunakan background berupa texture dengan pewarnaan kuning.
·
Pada Color
Schemes, digunakan primary & secondary color.
·
Pada posisi top
left, diberikan Logo Universitas Gunadarma.
·
Pada Judul
brosur, digunakan Typhography berupa custom fonts dengan tipe Bell MT dengan
pewarnaan Ungu. Lalu diberikan juga inisial Universitas Gunadarma “UG” dengan
dua warna yang berbeda. Pada bagian bawah juga diberkan berupa tagline
Gunadarma “COLORING THE GLOBAL FUTURE” dengan pewarnaan yang berbeda untuk
memberikan efek mencolok.
·
Untuk
menambahkan informasi tentang Universitas Gunadarma, ditambahkan Shapes berupa
bentuk Rectangle yang diberkan gradasi warna vertikal dengan ditambahkan teks
sesuai dengan Typhography yang digunakan.
·
Untuk batas
antara header dan isi, digunakan Shapes berupa horizontal line yang dirubah ke
Curved line dengan menambahkan anchor point untuk menambahkan lekukan.
CONTENT
·
Pada content,
Alignment yang digunakan berupa Visual or Optical Alignment, karena sebenarnya
posisi peletakan obyek di brosur ini tidak memiliki Alignment, tetapi oleh
pembaca melihat alignment ini seperti terlihat sebaris / rata.
·
Menggunakan
Shapes berupa rounded rectangle dengan penambahan efek berupa drop shadow dan
gradient overlay. Efek drop shadow digunakan untuk memberikan bayangan pada
belakang shapes, sedangkan gradient overlay untuk memberikan efek timbul.
·
Gambar yang
digunakan menggunakan efek bevel & emboss untuk efek timbul serta drop
shadow untuk efek bayangan dibelakang gambar.
FOOTER
·
Sebagai pemisah
antara Content dan footer, digunakan suatu horizontal line. Footer berisi Teks
informasi Call Center dan website Universitas Gunadarma. Teks yang digunakan
mengikuti typhography yang digunakan pada brosur ini.
DASAR TEORI DESIGN
1.
Kesatuan
Kesatuan disini maksudnya di brosur ini menggunakan
banyak elemen lalu disatukan agar menjadi suatu kesatuan gambar yang memiliki
arti bagi pembacanya.
2.
Keberagaman
Keberagaman disini maksudnya didalam brosur ini terdapat
banyak elemen, seperti menggunakan gambar yang berbeda – beda yang kemudian
disatukan dalam suatu gambar brosur.
3.
Keseimbangan
Keseimbangan disini maksudnya dalam brosur ini tata
– letak layout diletakan dengan posisi yang tepat sehingga menimbulkan
keseimbangan dalam gambar design.
4.
Keserasian
Keserasian disini maksudnya dalam komposisi warna
yang digunakan, terdapat keserasian dan konsistensi dalam penggunaannya. Warna
yang digunakan memiliki komposisi yang serasi dengan tema yang diambil yaitu
Universitas Gundarama.
5.
Proporsi
Proporsi merupakan bagian dari masing – masing
elemen yang digunakan dalam brosur kali ini. Proporsi dalam brosur ini dibuat
seimbang dibandingkan dengan elemen lainnya. Misalkan pada content, proporsi
antara informasi teks dan gambar dibuat seimbang.
6.
Skala
Skala maksudnya ukuran tiap elemen yang berbeda –
beda. Digunakan untuk menonjolkan konten yang penting dalam gambar yang dibuat.
Konten yang penting dibuat agar memiliki skala yang berbeda sehingga dapat
diterima maksudnya.
7.
Penekanan
Penekanan maksudnya dalam brosur ini, dibuat
penekanan pada informasi fakultas yang ada pada Universitas Gunadarma. Karena
maksud utama dari brosur ini adalah untuk memberikan informasi tentang fakultas
– jurusan yang ada di UG, sehingga pada bagian konten yang diberi penekanan
adalah pada kolom fakultas – jurusan.
No comments:
Post a Comment