Thursday, December 18, 2014

Metode Desain Pada Pembuatan Brosur




Teori Pembuatan
Brosur diatas dibuat menggunakan Adobe Photoshop CS6 dengan ketentuan teori design sebagai berikut :
·         Brosur ini memiliki posisi Potrait dengan komposisi page layout Asymmetrical

HEADER

·         Pada bagian header, digunakan background berupa texture dengan pewarnaan kuning.
·         Pada Color Schemes, digunakan primary & secondary color.
·         Pada posisi top left, diberikan Logo Universitas Gunadarma.

·         Pada Judul brosur, digunakan Typhography berupa custom fonts dengan tipe Bell MT dengan pewarnaan Ungu. Lalu diberikan juga inisial Universitas Gunadarma “UG” dengan dua warna yang berbeda. Pada bagian bawah juga diberkan berupa tagline Gunadarma “COLORING THE GLOBAL FUTURE” dengan pewarnaan yang berbeda untuk memberikan efek mencolok.





·         Untuk menambahkan informasi tentang Universitas Gunadarma, ditambahkan Shapes berupa bentuk Rectangle yang diberkan gradasi warna vertikal dengan ditambahkan teks sesuai dengan Typhography yang digunakan.

·         Untuk batas antara header dan isi, digunakan Shapes berupa horizontal line yang dirubah ke Curved line dengan menambahkan anchor point untuk menambahkan lekukan.

CONTENT

·         Pada content, Alignment yang digunakan berupa Visual or Optical Alignment, karena sebenarnya posisi peletakan obyek di brosur ini tidak memiliki Alignment, tetapi oleh pembaca melihat alignment ini seperti terlihat sebaris / rata.



·         Menggunakan Shapes berupa rounded rectangle dengan penambahan efek berupa drop shadow dan gradient overlay. Efek drop shadow digunakan untuk memberikan bayangan pada belakang shapes, sedangkan gradient overlay untuk memberikan efek timbul.




·         Gambar yang digunakan menggunakan efek bevel & emboss untuk efek timbul serta drop shadow untuk efek bayangan dibelakang gambar.


FOOTER

·         Sebagai pemisah antara Content dan footer, digunakan suatu horizontal line. Footer berisi Teks informasi Call Center dan website Universitas Gunadarma. Teks yang digunakan mengikuti typhography yang digunakan pada brosur ini.




DASAR TEORI DESIGN

1.      Kesatuan
Kesatuan disini maksudnya di brosur ini menggunakan banyak elemen lalu disatukan agar menjadi suatu kesatuan gambar yang memiliki arti bagi pembacanya.

2.      Keberagaman
Keberagaman disini maksudnya didalam brosur ini terdapat banyak elemen, seperti menggunakan gambar yang berbeda – beda yang kemudian disatukan dalam suatu gambar brosur.

3.      Keseimbangan
Keseimbangan disini maksudnya dalam brosur ini tata – letak layout diletakan dengan posisi yang tepat sehingga menimbulkan keseimbangan dalam gambar design.

4.      Keserasian
Keserasian disini maksudnya dalam komposisi warna yang digunakan, terdapat keserasian dan konsistensi dalam penggunaannya. Warna yang digunakan memiliki komposisi yang serasi dengan tema yang diambil yaitu Universitas Gundarama.

5.      Proporsi
Proporsi merupakan bagian dari masing – masing elemen yang digunakan dalam brosur kali ini. Proporsi dalam brosur ini dibuat seimbang dibandingkan dengan elemen lainnya. Misalkan pada content, proporsi antara informasi teks dan gambar dibuat seimbang.

6.      Skala
Skala maksudnya ukuran tiap elemen yang berbeda – beda. Digunakan untuk menonjolkan konten yang penting dalam gambar yang dibuat. Konten yang penting dibuat agar memiliki skala yang berbeda sehingga dapat diterima maksudnya.

7.      Penekanan
Penekanan maksudnya dalam brosur ini, dibuat penekanan pada informasi fakultas yang ada pada Universitas Gunadarma. Karena maksud utama dari brosur ini adalah untuk memberikan informasi tentang fakultas – jurusan yang ada di UG, sehingga pada bagian konten yang diberi penekanan adalah pada kolom fakultas – jurusan.

No comments:

Post a Comment