Monday, October 5, 2015

PROFIL PT. DARTA MEDIA INDONESIA

PROFIL PERUSAHAAN BIDANG INFORMATIKA

PT. DARTA MEDIA INDONESIA


Alamat perusahaan :

PT. Darta Media Indonesia (KASKUS Networks)
Menara Palma - Annex Building P11
Jl. HR. Rsuna Said Blok X2 Kav. 6, Kuningan
Jakarta, DKI JAKARTA 12950


Sejarah


            PT. Darta Media Indonesia merupakan perusahaan yang mengelola situs Kaskus. Kaskus adalah forum komunitas maya terbesar di Indonesia dimana penggunanya disebut sebagai “Kaskuser”. Kaskus didirikan pada tanggal 6 Novemer 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia, yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan di Seattle, Amerika Serikat.


            Tujuan awal pendirian Kaskus adalah untuk forum komunikasi antar mahasiswa Indonesia di luar negeri, sehingga menginspirasi penamaan Kaskus yaitu “Kasak – Kusuk”. Pada awalnya, kaskus menggunakan domain .com tetapi karena penyebaran virus brontok pada mei 2006 silam, Kaskus bermigrasi ke domain .us, namun pada mei 2012 kaskus bermigrasi ke domain co.id karena mengalami gangguan dns.

            Pada awal tahun 2011, Kaskus mengekspansi bisinisnya dengan melakukan kerjasama dengan PT. Global Digital Prima, yang merupakan anak perusahaan dari PT Djarum. Dengan kerjasama ini, kaskus akan menambahkan jumlah server dan perekrutan karyawan baru hingga delapan puluh orang.

            Pada tahun 2012, kaskus mengumumkan akan membuat engine forum sendiri dimana akan menggantikan engine sebelumnya yang masih menggunakan vBulletin. Dan sampai sekarang penggunaan engine new kaskus ini sudah pada tahap finalnya. Untuk topik obrolan yang berada pada engine lama, masih bisa diakses pengguna tetapi tidak dapat diperbaharui kembali.

            Dengan besarnya nama Kaskus sekarang ini, tentu saja sudah melewati berbagai masalah. Sebelumnya pada tahun 2008, Kaskus diserang dengan menggunakan teknik DDoS (Distributed Denial of Service) sehingga menyebabkan database Kaskus corrupt dan membuat administrator menguci thread yang ada. Penyerangan diduga dilakukan oleh grup YogyaFree, hingga pada akhirnya kedua komunitas ini menandatangani memorandum online untuk menyudahi pertikaian. Setelah masalah ini selesai, kaskus meluncurkan server baru di gedung Cyber Jakarta.

            Selain masalah DDoS, kaskus juga bermasalah dengan UU ITE karena memiliki dua subforum yang bertentangan dengan Undang – undang yang berlaku. Dua subforum itu adalah BB17 dan Fight Club. Untuk itu kaskus menghapus subforum BB17 dan mengganti Fight Club dengan  Debate Club.

Visi Kaskus:
Menjadi “The Largest Indonesian Community”

Misi Kaskus:
1.         Membuat  tampilan  website Kaskus  lebih  mudah,  menarik  dan komprehensif  untuk  menarik  pengguna  baru  dan  memuaskan pengguna yang telah ada.
2.         Memberikan  end-to-end  solution terhadap  seluruh  aktivitas  ataupun transaksi pengguna di Kaskus.
3.         Menciptakan  excellence  community  building dengan  meningkatkan konektivitas antara pengguna dengan citizen journalismdan trading.

Jumlah Karyawan : Per tahun 2013 sebanyak 80 karyawan.
Omset : USD 50 Juta per tahun 2012 atau dengan kurs rupiah sekarang 730 Miliar Rupiah.
Bidang Usaha : Situs forum komunitas maya (Produk)
Cakupan Wilayah : Semua (Terhubung Internet)



Fitur :
KasPay
Layanan terbaru dari Kaskus yang meyediakan sistem pembayaran secara Online. Layanan ini diluncurkan pada 2009. Kaspay beropreasi layaknya E-Wallet dengan fitur keamanan yang mumpuni.
E-Pulsa
Layanan dari Kaskus yang mefasilitasi pengisian pulsa semua operator dengan metode pembayaran yang didukung melalui KasPay.
Kaskus Ads
Layanan dari kaskus untuk konsumen yang ingin beriklan pada situs Kaskus. Karena situs kaskus memiliki traffic yang tinggi maka banyak sekali orang yang ingin beriklan di kaskus.
Kaskus Radio
Layanan dari kaskus yang berupa radio internet dengan dua puluh penyiar yang memutar lagu selama 24 jam.
Kaskus Mobile
Layanan dari kaskus yang sudah diubah tampilannya menjadi minimalis untuk perangkat mobile.



 Tampilan awal  Kaskus.
           
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kaskus
http://www.kaskus.co.id/
https://id.wikipedia.org/wiki/Andrew_Darwis




1 comment: