Saturday, December 28, 2013

Mata Uang Elektronik di Dunia Maya



        Bagi sebagian orang, mungkin internet hanya digunakan untuk kepentingan seperti mengerjakan tugas, hiburan, mencari informasi, dan kegiatan biasa lainnya. Namun bagi sebagian orang juga, internet merupakan sumber pundi – pundi kekayaan pribadi bagi mereka. Internet menyediakan banyak sekali peluang bisnis untuk dijalankan. Tentu saja akan repot jadinya jika kita harus menggunakan uang kita di rekening bank lokal di dunia nyata untuk kegiatan transaksi di dunia maya. Maka itu digunakanlah e-money atau bisa disebut juga sebagai mata uang digital / elektronik.
            Uang elektronik ini bisa dibayangkan seperti isi dari dompet kita, dan bisa digunakan sebagai multi – purpose sama halnya seperti uang di dunia nyata. Tetapi lain halnya dengan uang di dunia nyata, e-money ini rentan sekali dengan pencurian di dunia maya. Maka itu sebenarnya e-money ini merupakan salah satu produk hasil dari seni kriptografi pada komputer. 

            Ada beberapa penerbit uang elektronik / e-money ini. Contohnya adalah Paypal, libertyreserve, dan lainnya. Sekarang akan kita bahas tentang Paypal. Paypal merupakan salah satu penyedia jasa pembayaran di dunia maya dan mengklaim sebagai cara pembayaran yang teraman di dunia maya. Mudahnya, bisa dibayangkan seperti ini : akun individu paypal, seperti suatu rekening bank, kita dapat menyimpan uang disana dengan mata uang tertentu, setelah masuk ke rekening dalam paypal, kita bisa melakukan transaksi pembelian pada dunia maya. Dan lebih hebatnya lagi, transaksi dilakukan dalam hitungan detik, lain halnya dengan melalui cek atau bentuk uang lainnya yang memakan waktu.
            Lain halnya dengan rekening bank lokal, paypal tidak membatasi penggunanya untuk bertransaksi antar negara. Jadi mata uang yang disetorkan kepada rekening di paypal akan otomatis dikonversi jika melakukan transaksi dengan mata uang yang berbeda. Dengan sifat – sifat tersebut, paypal merupakan suatu jasa penyedia e-money karena memiliki kriteria :
1. Isi rekening paypal disetorkan dahulu dari pemegang kepada penerbit
2. Nilai uang yang disetorkan disimpan dalam server
3. Digunakan sebagai alat pembayaran kepada pedagang (bukan kepada penerbit)
4. Nilai uang yang disetorkan dikelola oleh penerbit
            Pertama dalam menggunakan paypal, tentu saja pertama yang harus dilakukan adalam membuat suatu akun rekening paypal. Paypal memberi kemudahan dalam membuat rekeningnya, karena walaupun kita tidak memiliki kartu kredit / rekening bank, kita tetap dapat membuat suatu rekening paypal. Tetapi status rekening adalah unverified dan maksimal uang dalam rekening unverified adalah $100.
            Dalam mendaftar akun paypal, ada beberapa pilihan type akun yang dapat disesuaikan dengan penggunya yang akan menggunakan akunnya seperti apa. Ada type individual yang hanya dapat bertransaksi jual beli dalam skala kecil, maupun ada type akun business yang dapat melakukan transaksi jual beli dalam skala besar. Akun business ini memang diperuntukan untuk kalangan yang melakukan bisnis online, karena tiap transaksi yang melalui paypal akan dikenakan potongan administrasi, sedangkan untuk type individual tidak dikenakan potongan sama sekali.
            Setelah mengisi data – data yang diperlukan, maka jadilah akun paypal dan bisa langsung melakukan proses transaksi. Banyak sekali pihak yang menjual balance (nominal) paypal di dunia maya. Balance ini bisa didapat dari perdagangan online, bisnis saham, bisnis forex, bisnis advertising, dan bisnis – bisnis lainnya di dunia maya. Tetapi sekali lagi perlu diingat, di dunia maya banyak sekali ancaman yang menunggu di setiap transaksi yang dilakukan. Paypal sendiri mengklaim sebagai penyedia e-money teraman. Untuk proses verifikasi transaksi yang dalam jumlah besar, paypal akan menghubungi pihak pemilik terlebih dahulu untuk memastikan bahwa memang benar terjadi transaksi sedemikian rupa.
            Banyak sekali situs – situs penjualan online yang sudah bekerjasama dengan paypal sebagai mesin pembayaran. Seperti Ebay, focalprice, dealextreme, dan lainnya. Walaupun paypal mempermudah transaksi, namun tentu saja ada sisi negatif yang dihasilkan. Seperti :
            1. Keamanan tidak 100% terjamin oleh penyedia
            2. Membuat orang menjadi anti – mobilitas karena dapat belanja dari rumah
Tapi untuk masalah keamanan, disini paypal terus berkembang dalam menangani masalah kebobolan password rekening penggunanya. Sekarang ini setiap transaksi yang dilakukan akan diverifikasi dahulu oleh paypal. Baik melalui lokasi pengaksesan, penerima uang, waktu, dan lainnya, jika terlihat hal yang mencurigakan, barulah pihak paypal akan menghubungi pemilik rekening.
            Yang kedua, kita akan membahas e-money bitcoin. Bitcoin ini jauh sekali berbeda dengan paypal. Kalau paypal merupakan penerbit e-money, disini bitcoin bukan penerbitnya, melainkan langsung bentuk uang elektronik yang dikelola secara Peer to Peer (P2P). Jadi penggunaan bitcoin tidak melalui penerbit melainkan langsung menggunakan database yang didistribusikan dan mengguanan P2P untuk ke jurnal transaksi.
            Bitcoin ini masih merupakan hasil dari seni kriptografi yang memastikan bahwa bitcoin hanya dapat digunakan oleh pemiliknya dan tidak boleh dilakukan lebih dari satu kali. Bitcoin ini disimpan dalam komputer dalam bentuk wallet atau bisa juga disimpan oleh pihak lain. Penggunaan topologi P2P ini membuat tidak mungkin menggandakan uang bitcoin yang dapat berujung pada inflasi dan kehancuran bitcoin.
            Saat ini produksi bitcoin mencapai 25BTC per 10 menit. Sampai jumlah maksimal 21 juta baru akan mulai berkurang setengahnya setiap 4 tahun. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya inflasi.
            Langkah dalam penggunaan bitcoin adalah awalnya menginstall bitcoin wallet di komputer maupun smartphone, bitcoin wallet ini akan menghasilkan addres untuk walletnya. Sebenarnya penggunaan ini mirip dengan email. Hanya saja address bitcoin ini hanya dapat digunakan sekali. Sedangkan untuk isi dan transaksinya dilaksanakan berdasarkan algoritma kriptografi. Harga bitcoin lumayan tinggi, saat tulisan ini dibuat, harga beli 1 BTC mencapai 9.801.000 dan harga jual mencapai 8.885.000.
            Untuk mempermudah transaksi jual beli bitcoin, sekarang ini banyak penyedia jasa bitcoin. Contohnya untuk perdagangan barang menggunakan bitcoin bisa ke Bitmit, BitcoinMarketPlace. Untuk penukaran dengan mata uang bisa ke mtgox, bitcoinchart. Dan sekarang pun ada jasa penyedia wallet bitcoin seperti BlockChain, CoinBase, dan WalletBit. Fungsinya pun sama seperti paypal, LR, dan penyedia jasa penampungan balance lainnya.

2 comments:

  1. Would you like to get 30 bitcoin referrals per month, totally free?

    Here is Exactly How To:

    1. Claim 3,000 min. (up to 30,000) free satoshi per 24 hours from the MellowAds Faucet.

    2. Start a 1 day network-wide campaign (with all of your claimed satoshis) driving traffic to a bitcoin related referral page.

    3. When the campaign expires, re-claim and re-start.

    ReplyDelete
  2. YoBit lets you to claim FREE COINS from over 100 unique crypto-currencies, you complete a captcha once and claim as much as coins you want from the available offers.

    After you make about 20-30 claims, you complete the captcha and continue claiming.

    You can press CLAIM as many times as 50 times per one captcha.

    The coins will stored in your account, and you can exchange them to Bitcoins or USD.

    ReplyDelete