Saturday, December 28, 2013

Portal Berita Online Terbaik Indonesia



         Berita menjadi kebutuhan manusia sehari – harinya. Kita sebagai makhluk sosial wajib mengetahui perkembangan yang terjadi di lingkungan kehidupan kita. Apalagi dengan Kemajuan teknologi sekarang ini, berita menjadi mudah sekali diakses. Dengan gadget ataupun komputer, dengan tambahan koneksi internet, berita dapat diakses darimanapun. Lain halnya ketika teknologi belum semaju sekarang ini, berita hanya disajikan lewat media televisi ataupun koran. Penyajian berita seperti itu memiliki kelemahan, yaitu berita yang disajikan tidak aktual, artinya berita yang disajikan bukanlah berita yang baru saja terjadi.

            Dengan Pemanfaatan teknologi internet, dibentuklah suatu portal berita online. Portal berita online ini berisikan informasi – informasi yang tentu saja masih hangat. Orang – orang pun dapat mengaksesnya kapan pun dan dimana pun tanpa dibatasi waktu terbit dan jam tayang. Banyak sekali portal berita online di Indonesia, contohnya inilah.com, antaranews.com, aktual.co, dan detik.com. Diantara penyedia media online tersebut, Detik.com lah yang sekarang ini menjadi portal berita online yang paling banyak dikunjungi oleh orang – orang. Detik.com menyajikan berita yang faktual & aktual dengan banyak pilihan subportal sehingga pembaca dapat memilah berita yang hendak mereka baca. Salah satu keunggulan detik.com adalah, update berita yang sebegitu cepatnya, bahkan jika ada suatu kejadian, hanya beberapa detik kemudian sudah ada beritanya di detik.com.
            Detik.com didirikan oleh 4 orang, yaitu Budiono Darsono (Eks wartawan tabloid DeTik), Yayan Sopyan (Eks wartawan DeTik), Abdul Rahman (Eks wartawan Tempo), dan Didi Nugrahadi. Dari keempat orang tersebut, yang pertama kali mencetuskan ide untuk membuat portal media berita online yang selalu cepat dalam pemberitaan adalah Budiono Darsono. Dengan slogannya yaitu “Kenapa tunggu besok kalau detik ini juga anda sudah tahu informasi?”
            Detikcom mulai berdiri pada tanggal 9 Juli 1998 dengan dibarengi oleh munculnya media online lainnya seperti satunet.com, astaga.com, koridor.com, mandiri.com. Pada awal berdirinya detikcom ini hanya beranggotakan 3 orang saja. Pak Budiono sendiri yang bertugas sebagai orang yang berada didepan komputer untuk mengupload berita ke website, sedangkan yang lain bertugas sebagai reporter di lapangan dan ketika mendapatkan berita, temannya menyampaikannya melalui telepon, yang lebih uniknya lagi pada saat itu belum ada handphone, jadi reporter detikcom hanya bermodalkan uang coin. Maksudnya disini jadi untuk menyampaikan berita, reporter detikcom menggunakan telepon umum yang masih menggunakan koin. Seiring berjalannya waktu, detikcom semakin melebarkan sayap jangkauannya dan berhasil menarik pihak yang ingin memasang iklan di websitenya. Detikcom pada saat itu berkantor di Lebak Bulus tepatnya di samping stadion sepak bola Lebak Bulus.
            Filosofi nama detik sendiri adalah karena detikcom ingin menyajikan informasi yang ter-update setiap jam, menit bahkan detik. Dengan filosofi ini ditambah dengan perkembangan teknologi internet dan media, membuat detikcom semakin menajak naik sebagai news online nomor satu di Indonesia. Tentu saja dengan meningkatnya reputasi detikcom membuat banyak investor yang berbondong – bondong ingin memasang iklan di website detik.com ini.
Selain karena sebagai pelopor media online, detik.com dianggap memiliki kelebihan sebagai media online. Beberapa kelebihan detik.com di antaranya adalah :
1. Informasi yang aktual dan berdasarkan fakta dalam menyampaikan informasi yang didapat dari masyarakat sosial. Dalam hal ini update informasi dilakukan selama 24 jam tanpa henti.
2. Penulisan berita yang dimuat ditulis dengan bahasa yang user – friendly yang mudah dipahami masyarakat.
3. Kemudahan pengaksesan, dan bisa dinikmati dengan berbagai macam perangkat teknologi baik komputer maupun smartphone.
4. Memiliki fasilitas forum pembaca dan komentar berita. Sehingga masing-masing pembaca bisa saling berdiskusi atas sebuah topik.
5. Didukung oleh wartawan - wartawan yang memiliki tingkat profesionalisme tinggi sehingga mampu menyuguhkan berita yang bermutu.
            Ada beberapa hal yang membuat detikcom tidak tertandingi. Yang pertama adalah tampilan website yang bagus. Tampilan website yang bagus ini mampu membuat pengunjung terkesan ketika pertama kali mengunjungi situs ini dan membuat mereka mampu kembali lagi ketika membutuhkan informasi yang baru. Yang kedua adalah navigasi yang mudah dan terkontrol. Navigasi sangat dibutuhkan, terutama bagi yang masih awam terhadap internet, untuk mengetahui ada portal berita apa saja disana. Detikcom menyediakan tombol navigasi yang berbentuk menubar sehingga orang – orang mudah menemukannya. Yang ketiga adalah Terkontrolnya iklan. Memang di detikcom banyak sekali ditemukan iklan – iklan, tetapi iklan ini tidak langsung begitu saja bertebaran. Awalnya pihak detikcom tidak memasang iklan sama sekali, namun setelah berhasil meraup pengunjung yang banyak, barulah mereka memasang iklan. Tidak seperti media online lainnya yang baru saja terbit lalu sudah memasang iklan yang sebegitu banyaknya. Dan yang terakhir, banyak sekali media online yang menerbitkan berita yang hampir mirip dengan berita yang diterbitkan oleh detikcom. Tentu saja pengunjung akan tetap memilih ke detikcom jika isi berita yang disajikan sama dengan website penyedia berita lainnya.

No comments:

Post a Comment