Berita
menjadi kebutuhan manusia sehari – harinya. Kita sebagai makhluk sosial wajib
mengetahui perkembangan yang terjadi di lingkungan kehidupan kita. Apalagi
dengan Kemajuan teknologi sekarang ini, berita menjadi mudah sekali diakses.
Dengan gadget ataupun komputer, dengan tambahan koneksi internet, berita dapat
diakses darimanapun. Lain halnya ketika teknologi belum semaju sekarang ini,
berita hanya disajikan lewat media televisi ataupun koran. Penyajian berita seperti
itu memiliki kelemahan, yaitu berita yang disajikan tidak aktual, artinya
berita yang disajikan bukanlah berita yang baru saja terjadi.
Dengan Pemanfaatan teknologi
internet, dibentuklah suatu portal berita online. Portal berita online ini
berisikan informasi – informasi yang tentu saja masih hangat. Orang – orang pun
dapat mengaksesnya kapan pun dan dimana pun tanpa dibatasi waktu terbit dan jam
tayang. Banyak sekali portal berita online di Indonesia, contohnya inilah.com,
antaranews.com, aktual.co, dan detik.com. Diantara penyedia media online
tersebut, Detik.com lah yang sekarang ini menjadi portal berita online yang
paling banyak dikunjungi oleh orang – orang. Detik.com menyajikan berita yang
faktual & aktual dengan banyak pilihan subportal sehingga pembaca dapat
memilah berita yang hendak mereka baca. Salah satu keunggulan detik.com adalah,
update berita yang sebegitu cepatnya, bahkan jika ada suatu kejadian, hanya
beberapa detik kemudian sudah ada beritanya di detik.com.
Detik.com didirikan oleh 4 orang,
yaitu Budiono Darsono (Eks
wartawan tabloid DeTik), Yayan Sopyan (Eks wartawan DeTik), Abdul Rahman (Eks
wartawan Tempo), dan Didi Nugrahadi. Dari keempat orang tersebut, yang pertama
kali mencetuskan ide untuk membuat portal media berita online yang selalu cepat
dalam pemberitaan adalah Budiono Darsono. Dengan slogannya yaitu “Kenapa tunggu
besok kalau detik ini juga anda sudah tahu informasi?”
Detikcom mulai berdiri pada tanggal 9
Juli 1998 dengan dibarengi oleh munculnya media online lainnya seperti satunet.com,
astaga.com, koridor.com, mandiri.com. Pada awal berdirinya detikcom ini hanya
beranggotakan 3 orang saja. Pak Budiono sendiri yang bertugas sebagai orang
yang berada didepan komputer untuk mengupload berita ke website, sedangkan yang
lain bertugas sebagai reporter di lapangan dan ketika mendapatkan berita,
temannya menyampaikannya melalui telepon, yang lebih uniknya lagi pada saat itu
belum ada handphone, jadi reporter detikcom hanya bermodalkan uang coin.
Maksudnya disini jadi untuk menyampaikan berita, reporter detikcom menggunakan
telepon umum yang masih menggunakan koin. Seiring berjalannya waktu, detikcom
semakin melebarkan sayap jangkauannya dan berhasil menarik pihak yang ingin
memasang iklan di websitenya. Detikcom pada saat itu berkantor di Lebak Bulus
tepatnya di samping stadion sepak bola Lebak Bulus.
Filosofi nama detik sendiri adalah
karena detikcom ingin menyajikan informasi yang ter-update setiap jam, menit
bahkan detik. Dengan filosofi ini ditambah dengan perkembangan teknologi
internet dan media, membuat detikcom semakin menajak naik sebagai news online
nomor satu di Indonesia. Tentu saja dengan meningkatnya reputasi detikcom
membuat banyak investor yang berbondong – bondong ingin memasang iklan di
website detik.com ini.
Selain
karena sebagai pelopor media online, detik.com dianggap memiliki kelebihan
sebagai media online. Beberapa kelebihan detik.com di antaranya adalah :
1.
Informasi yang aktual dan berdasarkan fakta dalam menyampaikan informasi yang
didapat dari masyarakat sosial. Dalam hal ini update informasi dilakukan selama
24 jam tanpa henti.
2.
Penulisan berita yang dimuat ditulis dengan bahasa yang user – friendly yang mudah dipahami masyarakat.
3.
Kemudahan pengaksesan, dan bisa dinikmati dengan berbagai macam perangkat teknologi
baik komputer maupun smartphone.
4.
Memiliki fasilitas forum pembaca dan komentar berita. Sehingga masing-masing
pembaca bisa saling berdiskusi atas sebuah topik.
5.
Didukung oleh wartawan - wartawan yang memiliki tingkat profesionalisme tinggi
sehingga mampu menyuguhkan berita yang bermutu.
Ada beberapa hal yang membuat
detikcom tidak tertandingi. Yang pertama adalah tampilan website yang bagus.
Tampilan website yang bagus ini mampu membuat pengunjung terkesan ketika
pertama kali mengunjungi situs ini dan membuat mereka mampu kembali lagi ketika
membutuhkan informasi yang baru. Yang kedua adalah navigasi yang mudah dan
terkontrol. Navigasi sangat dibutuhkan, terutama bagi yang masih awam terhadap
internet, untuk mengetahui ada portal berita apa saja disana. Detikcom
menyediakan tombol navigasi yang berbentuk menubar sehingga orang – orang mudah
menemukannya. Yang ketiga adalah Terkontrolnya iklan. Memang di detikcom banyak
sekali ditemukan iklan – iklan, tetapi iklan ini tidak langsung begitu saja
bertebaran. Awalnya pihak detikcom tidak memasang iklan sama sekali, namun
setelah berhasil meraup pengunjung yang banyak, barulah mereka memasang iklan.
Tidak seperti media online lainnya yang baru saja terbit lalu sudah memasang
iklan yang sebegitu banyaknya. Dan yang terakhir, banyak sekali media online
yang menerbitkan berita yang hampir mirip dengan berita yang diterbitkan oleh
detikcom. Tentu saja pengunjung akan tetap memilih ke detikcom jika isi berita
yang disajikan sama dengan website penyedia berita lainnya.
No comments:
Post a Comment