Saturday, December 28, 2013

Mengenal Forum Komunitas Terbesar Di Indonesia



             Di Jaman sekarang ini, siapa yang tidak kenal dengan internet.Berbagai aktivitas kehidupan sehari – hari kini pasti melibatkan internet didalamnya. Contohnya bagi mahasiswa, pastilah internet menjadi teman setia dalam menemani tugas – tugas yang diberikan oleh dosen – dosen di kampus. Internet menjadi suatu wadah bagi orang – orang dalam mememuhi kebutuhan informasi agar aspek kehidupan yang dijalaninya terpenuhi. Namun, internet sangat luas sekali, bagaimana seseorang dapat terpenuhi kebutuhannya dengan internet. Apakah kita sebagai pencari informasi harus menggunakan materi – materi yang tersedia di dunia maya? Ataukah kita dapat saling bertukar informasi dengan pengguna lainnya dalam dunia maya? Betul. Itulah yang dinamakan forum komunitas. Forum ini merupakan wadah tempat orang – orang bertukar informasi, baik itu merupakan sekedar hobi, pengetahuan, maupun hanya chit – chat belaka antar pengguna forum.

            Di Indonesia sendiri, banyak sekali forum – forum komunitas yang berbasis online. Namun saya akan membahas tentang forum komunitas terbesar di Indonesia, KASKUS. Ya mungkin
beberapa dari anda pernah mendengar ataupun bahkan salah satu member dari forum ini. Kaskus, yang sekarang ini beralamatkan di www.kaskus.co.id merupakan forum Komunitas Terbesar di Indonesia, saat ini kaskus menempati ranking 265 top site dunia versi alexa, dan posisi 7 top site di Indonesia. Kaskus merupakan bagian dari PT. Darta Media Indonesia yang merupakan bagian juga dari KASKUS Networks.

            Awal mulanya, kaskus didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Mulanya Andrew Darwis  Ronald, dan Budi membuat kaskus untuk memenuhi tugas kuliah mereka. Kaskus sendiri bertujuan untuk mengobati kerinduan mahasiswa Indonesia di luar negeri akan Indonesia melalui berita-berita Indonesia yang diterjemahkan. Kaskus sendiri merupakan singkatan dari “Kasak – Kusuk”. 

            Kaskus tidak langsung sebesar seperti sekarang, berbagai masalah pernah dihadapi oleh forum ini. Pada tanggal 16—17 Mei 2008, Kaskus diserang menggunakan teknik DDoS (Distributed Denial of Service) oleh oknum yang diduga berasal dari komunitas YogyaFree. Serangan ini menyebabkan database Kaskus corrupt sehingga administrator terpaksa mengunci thread-thread yang ada. Selain itu, kaskus juga harus menutup 2 sub forumnya (bagian dari forumnya) karena UU ITE. Memang 2 sub forum ini merupakan sub forum yang kontroversial karena memuat konten yang bertentangan dengan UU ITE. Dengan ditutupnya dua sub forum ini, kaskus mulai bergerak komersial dengan tampilan lebih berwarna dan memunculkan fitur baru yaitu Kaskus WAP yang merupakan Kaskus untuk tampilan mobile browser.

            Pada saat ini, kaskus masih menggunakan engine forum komersial yang bernama vBulletin. Engine ini banyak digunakan juga oleh forum – forum komunitas lainnya. Karena Jumlah anggota yang semakin banyak, dan kebutuhan informasi yang semakin meningkat pula, maka pada februari 2012, kaskus menggunakan engine forum buatan sendiri, namun karena ini masih tahap beta, banyak terdapat bug didalamnya. Walaupun engine forum Kaskus yang baru ini buatan sendiri, tetapi hal ini justru memberikan warna baru dalam dunia forum, karena tampilan yang lebih berwarna serta fitur – fitur tambahan yang tidak ada pada engine forum basic seperti vBulletin.

            Setelah penyempurnaan dan penutupan celah – celah bug pada engine yang baru. Maka kaskus pun kini berdiri pada domain www.kaskus.co.id yang sebelumnya beralamatkan domain .us. Disini kaskus tidak berhenti hanya pada forum saja, banyak fitur – fitur lainnya yang menguntungkan para member kaskus. PT DMI membuat semacam rekening online untuk transaksi pada forum kaskus. Yang diberi nama KasPay. Ada juga bagian advertising yaitu fitur untuk memasang iklan pada kaskus yang diberi nama KasAds. Memang KasPay dan KasAds bukan merupakan hal baru dalam dunia maya. Tetapi dengan inovasi – inovasi yang ada kaskus berusaha untuk berkembang dan memberikan pelayanan terbaik kepada membernya.

            Kita sudah membicarakan tentang sejarah singkat kaskus, nah sekarang kita akan membahas tentang seluk – beluk kaskus dan apa saja di dalam kaskus. Disini sebenarnya dibagi 2, yaitu FORUM dan JUAL BELI. Forum berisikan sub – sub forum yang didalam sub forum tersebut terdapat Thread dan didalam Thread tersebut terdapat post – post balasan oleh member kaskus. Sedangkan Jual Beli merupakan area perdagangan online dimana para member kaskus diberikan hak untuk membuat Thread didalam FJB (Forum Jual Beli) untuk berdagang. FJB sendiri memiliki kategori – kategori yang memudahkan baik penjual maupun pembeli dalam memenuhi kebutuhannya.

            Pertama saya akan membahas tentang FJB terlebih dahulu. FJB terdiri dari 36 subforum, 3 diantaranya merupakan subforum untuk review barang, jadi total ada 33 subforum yang berlaku untuk jual – beli. Dari 33 subforum ini, masih terdapat subforum lagi untuk detail yang anda cari, hal ini tentu saja memudahkan para konsumen untuk mencari barang yang diinginkan, walaupun ada beberapa seller (penjual) yang memasarkan produknya di beberapa subforum agar threadnya lebih banyak dilihat calon konsumen. Misalkan kita lihat FJB komputer, disana terdapat subforum lagi berupa aksesoris, casing, desktop, drives & storage, keyboard & input, monitor & display, dll. Jadi konsumen tidak perlu repot lagi dalam mencari produk yang diinginkan. Atau lebih mudahnya lagi, konsumen dapat mencari barang yang diinginkan pada kolom search yang terdapat pada pojok kanan atas forum kaskus.

            Tentu saja transaksi Online memiliki banyak resiko. Resiko yang ditanggung konsumen memang lebih besar dari penjual. Seperti misalnya cacat barang, penjual kabur, ataupun kasus penipuan lainnya. Oleh karena itu, biasanya untuk transaksi dengan nominal cukup besar, menggunakan jasa rekening bersama. Jasa Rekening bersama ini bukan merupakan fitur dari kaskus, tetapi merupakan ide dari member kaskus sendiri.

            Sekarang kita beralih pada menu utama yang disajikan oleh kaskus, yaitu forum. Disinilah tempat berkumpulnya para anggota – anggota kaskus untuk melakukan tukar informasi, ataupun mencari informasi, bahkan bertukar informasi dengan anggota lainnya. Di dalam forum ini, terdapat pula subforum – subforum unggulan seperti The lounge, berita & politik, computer, jokes, supernatural, dan lainnya. Selain forum dengan tema sendiri, kaskus juga menyediakan subforum regional. Subforum regional ini dibagi menjadi perdaerah baik di dalam negri maupun luar negri. Tujuannya adalah agar anggota kaskus dari berbagai regional dapat berkenalan dan saling berbagi pengalaman.

            Pemanfaatan Media forum ini sungguh sangat luar biasa manfaatnya bagi para anggotanya. Disini komunitas tidak hanya berhenti pada pertemuan di dunia maya saja. Seringkali para anggota – anggota kaskus yang memiliki hobi di bidang tertentu berkumpul di dunia nyata untuk melakukan gathering. Selain untuk mempererat koneksi, hal ini dilakukan untuk bertukar ilmu yang dimiliki, ataupun hanya santai – santai dan mengobrol saja. Dan tentu saja hal ini tidak bisa terlepas dari pemanfaatan media forum sebagai wadah dalam bertukar informasi sehingga menciptakan komunitas yang erat dan berguna.

            Anggota kaskus sendiri saat tulisan ini dibuat sudah mencapai 5 juta lebih aktif user dan terus bertambah tiap detiknya. Hal ini tentu saja menjadi tantangan sendiri bagi pengelola, karena dengan bertambahnya member, maka post yang muncul per detiknya akan lebih cepat lagi. Saat tulisan ini dibuat, post per detik disini mencapai 120 post per detik. Laju post ini harus sebanding dengan penanganan server dari pihak kaskus sendiri.

            Pendapatan pihak manajemen kaskus sendiri ikut bertambah seiring dengan bertambahnya member kaskus. Tipikal pendapatan yang paling sederhana adalah banyaknya iklan. Karena semakin banyak pengunjung suatu website, harga pemasangan ads (iklan) akan terus naik menjadi lebih mahal. Selain dari iklan, kaskus sendiri memiliki pendapatan dari kerjasama dengan pihak – pihak lain. Tentu saja untuk mendapat tawaran kerjasama ini dibutuhkan nama dan kepercayaan yang besar. Hal inilah yang menjadi andalan agar forum ini bisa terus berdiri.

            Sekian artikel tentang forum kali ini, semoga kita sebagai mahasiswa mampu menciptakan sesuatu yang dapat berguna bagi orang banyak seperti forum ini. Bahkan mungkin kita bisa membuat suatu forum online bagi kumpulan mahasiswa agar dapat saling bertukar informasi tentang perkuliahan, kegiatan mahasiswa, maupun bahkan forum jual beli antar mahasiswa.
           

No comments:

Post a Comment