Saturday, December 28, 2013

Search Engine GOOGLE




            Siapa yang tidak tahu GOOGLE? Orang yang pernah mengakses internet pasti mengenal yang satu ini. Bahkan pasti sebagian besar orang membuat Google.com menjadi homepage mereka ketika membuka browser. Google membuat internet yang sedemikian luasnya menjadi sebuah portal ke informasi tanpa batas. Menunjukkan lokasi yang tepat ketika kita mencari informasi. Google bisa dibilang sebagai raja dalam internet, karena hampir semua website yang legal akan memiliki backlink google.
            Google diciptakan oleh dua orang jenius, Larry Page dan Sergey Brin. Kedua orang itu bertemu di Stanford University pada tahun 1995. Setahun kemudian pada 1996 mereka menciptakan search engine yang pada awalnya disebut BackRub. Pada awalnya search engine ini digunakan untuk menentukan isi dari suatu website berdasarkan link nya.

Larry dan Sergey memberi nama search engine yang mereka bangun "Google," memainkan pada kata "googol," istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Google Inc lahir pada tahun 1998, ketika Sun co-founder Andy Bechtolsheim menulis cek sebesar $ 100.000 untuk google yang sebelumnya tidak ada.
Produk pertama google adalah google doodle. Pertama kali ditampilkan pada 1998 ketika itu masih baru satu doodle yang dipakai, sekarang ini ada hingga lebih dari 1000 doodle yang berbeda – beda di tiap negara. Produk kedua google adalah AdWords, ini diluncurkan pada tahun 2000. Awalnya Advertisement (iklan) hanya berbentuk tulisan saja. Namun sekarang ini sudah dapat berbentuk animasi, video, maupun suara. Iklan ini membantu ribuan bisnis berkembang dan sukses. Produk ketiga google adalah Gmail. Gmail diluncurkan pada 2004 ketika april mop. Banyak orang menduga ini adalah salah satu jokes dari google. Ternyata ini adalah salah satu produk dari google yang berupa email yang memiliki fitur pencarian yang cepat, tempat penyimpanan yang sangat luas, dan banyak fitur lainnya.
Pada agustus 2004, google mulai membuka investasi saham untuk publik pada wall street. Pada saat yang bersamaan, google berhasil bekerjasama dengan perusahaan digital mapping dan pada tahun 2005 meluncurkan Google Maps dan Google Earth. Google Maps sekarang ini sudah berkembang dan menyediakan fitur – fitur yang luar biasa, mulai dari pantauan lalulintas hingga tampilan jalanan.
Pada tahun 2006, google mengakusisi YouTube. Sekarang ini, YouTube menerima upload video dari usernya sebanyak 60 Jam per satu menitnya. Setelah YouTube, tersebar rumor tentang akan munculnya Gphone. Pada akhrinya pada 2007 Google mengumumkan peluncuran “Android”, Sebuah open platform untuk smartphone. Setelah itu pada 2008, google meluncurkan browser opensource nya yaitu Google Chrome, yang diluncurkan tepat pada 2 September 2008.
Larry Page, CEO asli Google sampai tahun 2001, mengambil gelar lagi pada bulan April 2011. Eric Schmidt, sekarang ketua eksekutif kami, menjabat sebagai pengganti selama 10 tahun. Pada bulan Juni 2011, Google memperkenalkan proyek Google+, ditujukan untuk membawa nuansa dan kekayaan berbagi kehidupan nyata ke web, dan membuat semua lebih baik dengan Google termasuk orang-orang, hubungan mereka dan kepentingan mereka.
Begitu banyak produk yang dibuat oleh google seperti disebutkan diatas, namun orang – orang lebih mengenal google dengan search engine nya yang terkenal paling cepat dan akurat. Search engine itu sendiri adalah  aplikasi komputer yang dibuat untuk melakukan pencarian atas berkas dan data yang tersimpan dalam layanan internet dalam sebuah ataupun sejumlah komputer dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian ditampilkan dalam urutan tertentu. Dalam kasus kali ini, hasil pencarian ditampilkan dalam bentuk daftar yang diurutkan berdasarkan tingkat akurasi dan rasio pengunjung atas berkas tersebut yang bisa disebut dengan hits. Berkas disini bisa berupa halaman website, file audio video, file dokumen, dan beberapa jenis berkas lainnya.
Cara kerja mesin pencari / search engine ini adalah sebagai berikut : Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler yang mengikuti setiap link yang dikunjunginya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara indeks-nya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Google menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.


Selain dalam bentuk halaman web, search engine juga dapat memberikan informasi hasil pencarian dalam bentuk berkas lain, seperti file audio, video, foto, dokumen, dan lainnya. Ketika seseorang mengunjungi mesin pencari dan memasukkan kata kunci yang disebut query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan kadang-kadang sebagian teksnya.
Manfaat mesin pencari bergantung pada kesesuaian hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin ada miliaran halaman web yang mengandung suatu kata atau frasa, sebagian halaman mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil “terbaik” lebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang paling sesuai, dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan, sangat bervariasi. Metode-metode nya juga berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan internet dan berevolusinya teknik-teknik baru.
Sebagian besar mesin pencari web / search engine, termasuk google adalah usaha komersial yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian menjalankan praktik kontroversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Namun tetap saja hal ini membantu pengguna internet terutama awam
Melakukan pencarian dokumen yang dimuat pada suatu situs terlihat sangat mudah, padahal kenyataannya cukup rumit. apalagi mengingat begitu banyak dan acaknya informasi di dunia maya, bahkan University of Calofornia menyebutkan saat ini telah terdapat lebih dari 50 milyar halaman web di internet, meskipun tidak ada ada satupun yang benar-benar tahu berapa jumlah persisnya.
Kesulitan dalam pencarian yang mungkin terjadi adalah karena WWW tersebut tidak terdata dalam bentuk yang terstandardisasi isinya. tidak sama halnya dengan katalog yang ada di perpustakaan, yang memiliki standardisasi secara mendunia berdasarkan subjek dari judul buku, isi dari WWW sangat beragam, tidak ada situs yang memiliki kesamaan hingga 100%. Hal ini membuat pencarian menjadi lebih rumit.

Dalam pencarian di web, pengguna selalu memperkirakan kata apa yang di kira-kira terdapat pada halaman yang ingin anda temukan. atau kira-kira apa subjek yang dipilih oleh seseorang untuk mengelolah halaman situs yang mereka kelola, topik apa saja kira-kira yang di bahas.
Jika pengguna melakukan apa yang dikenal dengan pencarian pada halaman web, sebenarnya tidaklah melakukan pencarian. tidak mungkin melakukan pencarian di WWW secara langsung. Pada web benar-benar terdiri dari banyak sekali halaman web yang ingin disimpan dari berbagai server diseluruh dunia. Komputer pengguna tidak langsung melakukan pencarian kepada seluruh komputer tersebut secara langsung.
Apa yang mungkin pengguna lakukan hanyalah melalui komputer untuk mengakses satu atau lebih perantara yang disebut dengan alat bantu pencarian yang ada saat ini. Melakukan pencarian pada alat bantu itu tadi ke database yang dimiliki. data base tersebut mengkoleksi situs-situs yang ditemukan dan simpan.
alat bantu pencarian ini menyediakan hasil pencarian dalam bentuk hypertext link dengan URL menuju halaman lainnya. ketika anda klik link ini, dan menuju ke alamat tersebut maka dokumen, gambar, suara dan banyak lagi bentuk lainnya yang ada pada server tersebut disediakan, sesuai dengan informasi yang terdapat di dalamnya. layanan ini bisa menjangkau ke manapun di seluruh dunia.
Secara garis besar, ada tiga langkah yang dilakukan oleh sistem pencarian Google. Ketiga langkah tersebut adalah Crawling & Indexing, Algoritma, dan Fighting Spam.
Sistem Google akan memulai proses pencarian dengan mencari kata yang diinginkan oleh pengguna ke sekitar 30 triliun halaman situs yang ada di dunia maya.
Setelah selesai mencari, kata-kata tersebut akan dibuatkan indeks. Saat proses indexing selesai dikerjakan, proses algoritma super-rumit akan mulai bekerja memilah-milah konten mana yang diprediksi paling sesuai dan akhirnya sistem akan menampilkan hasilnya kepada pengguna. Hebatnya, semua proses pencarian tersebut dilakukan dengan waktu supercepat, yaitu sekitar 1/8 detik saja.
Selain itu search engine google juga memiliki beberapa kata kunci khusus untuk melakukan pencarian secara spesifik yang disebut operator seperti inurl, filetype, intext, site, allintext, dan masih banyak lagi. Operator tersebut berfungsi untuk menspesifikkan pencarian yang diinginkan. Misalnya Filetype, operator ini berfungsi untuk mencari suatu jenis file khusus, mialnya kita memasukkan query filetype:pdf, maka google akan membatasi hasinya hanya dokumen yang bertipe pdf saja. Dengan operator ini kita bisa mempersempit hasil pencarian dan memaksimalkan fungsi search engine.
Contoh fungsi operator lainnya adalah inurl, disini dimaksudkan untuk menampilkan hasil pencarian yang hanya mengandung teks yang dicari, misalnya inurl:bioskop, maka hasil pencarian akan menampilkan semua URL yang mengandung kata bioskop tersebut. Lalu ada operator Site, operator ini berfungsi untuk menspesifikasi domain hasil pencarian.
Dengan mengkombinasikan operator yang ada, kita dapat mempersempit ruang pencarian dan memperbesar ketepatan hasil pencarian. Oleh karena itu, gunakanlah operator – operator yang sudah disediakan oleh google dalam melakukan pencarian – pencarian di dunia maya. Tetapi keunggulan operator ini dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan operator – operator bantu search ini dan search engine google para carder / peretas (hacker) mengambil informasi pihak lain tanpa ijin. Misalnya carder yang dengan mudah menggunakan operator google untuk mengambil informasi kartu kredit dalam database suatu website toko online.

No comments:

Post a Comment